Selasa, 04 Februari 2020

KEPULAUAN SUMATERA UTARA

1. GAMBARAN UMUM

Pada zaman pemerintahan Belanda, Sumatra Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatra, dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan.Terdapat 419 pulau di provinsi Sumatra Utara. Pulau-pulau terluar adalah pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatra (Malaka)Sumatra Utara dibagi kepada 25 kabupaten, 8 kota (dahulu kotamadya), 325 kecamatan, dan 5.456 kelurahan/desa..Provinsi Sumatra kemudian dibagi menjadi tiga sub provinsi yaitu: Sumatra Utara, Sumatra Tengah, dan Sumatra Selatan. Provinsi Sumatra Utara sendiri merupakan penggabungan dari tiga daerah administratif yang disebut keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatra Timur, dan Keresidenan Tapanuli.

A. LETAK GEOGRAFIS

Provinsi Sumatra Utara terletak pada 1° - 4° Lintang Utara dan 98° - 100° Bujur Timur, Luas daratan Provinsi Sumatra Utara 72.981,23 km².                                            (https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatra_Utara)

B. IKLIM


Daerah ini beriklim tropis. Pada bulan Mei hingga September, curah hujan ringan. Sedangkan Oktober hingga April, curah hujan relatif lebat akibat intensitas udara yang lembap.

C. CIRI KHAS

pada rumah adat di Sumatera Utara (Sumut) dengan daerah lainnya, yaitu terletak pada bagian atap. Pada bagian ini, sebagian besar berbentuk perahu terbalik, dengan kedua ujungnya lancip dan runcing.Bangunan ini berbentuk rumah panggung, dengan bagian bawah rumahnya dijadikan sebagai tempat untuk memelihara ternak atau menyimpan peralatan dan barang-barang, namun memiliki ukuran yang cenderung besar dan luas.Menyoal siapa yang menempati rumah adat di daerah dengan jumlah penduduk mencapai 13 juta lebih ini, terbagi menjadi beberapa kategori. Ada rumah yang hanya digunakan untuk satu keluarga atau para pemuka adat suku, namun ada juga rumah yang berisikan lebih dari empat keluarga.Dalam sejarah daerah setempat, disebut bahwa isi dalam rumah dipilih oleh para petinggi adat, biasanya adalah keluarga besar yang saling berhubungan.                                                          (https://aminama.com/rumah-adat-sumatera-utara/)
- BAHASA
Pada umumnya, bahasa yang dipergunakan secara luas adalah bahasa IndonesiaSuku Melayu Deli mayoritas menuturkan Bahasa Indonesia karena kedekatannya dengan bahasa Melayu yang menjadi bahasa ibu masyarakat Deli. Pesisir timur seperi wilayah Serdang Bedagai, Pangkalan Dodek, Batubara, Asahan, dan Tanjung Balai, memakai Bahasa Melayu dialek "o" begitu juga di Labuhan Batu dengan sedikit perbedaan ragam. Bahasa Melayu Asahan memiliki ciri khas yaitu pengucapan huruf R yang berbeda daripada Bahasa Melayu Deli contoh kata "cari" dibaca "caghi" dan kereta dibaca "kegheto". Di Kabupaten Langkat masih menggunakan bahasa Melayu dialek "e" yang sering juga disebut Bahasa Maya-maya. Mayarakat Jawa di daerah perkebunan, menuturkan Bahasa Jawa sebagai pengantar sehari-hari.                                                                            (https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatra_Utara)
- KESENIAN TRADISIONAL
1. Tari Baluse
Hasil gambar untuk TARI BALUSEtarian khas dari Suku Nias yang melambangkan kegagahan prajurit saat di medan perang.  merupakan tari perang ala masyarakat Nias. Sekarang ini, tari baluse biasanya digunakan untuk penyambutan tamu atau wisatawan.                                                                                 

2. Tari Manduda
Tarian Manduda adalah tarian yang melambangkan perasaan suka cita saat sedang panen raya. Tari Manduda merupakan suatu bentuk tarian rakyat Simalungun yang bersuka ria di masa panen padi.                                                                          






 3. Tari Sekapur Sirih     

 Sekapur Sirih adalah salah satu tari tradisional dari daerah Sumatera Utara. Tari Sekapur Sirih adalah tarian yang dikhususkan untuk menyambut tamu dengan penarinya para wanita yang membawa bunga untuk ditaburkan.
     






 4. Tari Tor-tor      
    
     Tari Tor-Tor merupakan tarian adat nan kadang juga disakralkan dan biasanya menjadi bagian dari pesta perkawinan masyarakat Sumatera Utara.








5. Tari Souan

Bahan yang digunakan untuk membangun bangunan ini kebanyakan yaitu kayu enau, bambu, hingga ijuk. Dengan beberapa ornamen berupa gambar binatang ataupun ukiran lainnya, yang mana memiliki arti khusus.Menurut masyarakat setempat, tujuan dibuatnya ornamen ini yaitu untuk menolak bala atau kesialan.

Tari ini berasal dari daerah Tapanuli Utara. Tari ini merupakan tari ritual, dahulunya tari ini dibawakan oleh dukun sambil membawa cawan berisi sesajen yang Sebagai media penyembuhan penyakit bagi masyarakat Tapanuli Utara.
                                                                        (https://www.kuwaluhan.com/2018/04/daftar-lengkap-keseniantradisional.html)



- PEMIMPIN
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.jpeg

Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi (lahir di SabangAceh10 Maret 1961; umur 58 tahun) adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018, tanggal 4 Januari 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, ia di tetapkan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun dini).[3] Sebelumnya ia menjabat Pangkostrad[4] menggantikan Jenderal TNI Mulyono[5] yang telah menjadi KSAD. Saat ini beliau menjabat sebagai Gubernur Sumatra Utara.


D. MAKANAN 

1. Dekke Na Niura


   Masakan berbahan utama ikan mas ini awalnya hanya di masak saat acara adat saja karena sejarahnya juga na niura ini dulu makanan bagi para raja-raja suku batak, tapi sekarang semua kalangan sudah bisa menikmatinya. Proses pembuatan masakan ini cukup sederhana yaitu hanya mengoleskan bumbu dan asam ke atas ikan yang sudah dibersihkan, memang agak aneh tapi rasanya nikmat dan bikin ketagihan.

7 Makanan Unik Khas Sumatera Utara, Ada Spageti ala Batak Nih!


2. Arsik


Sekilas terlihat mirip dengan na niura tapi ini berbeda, berbahan utama ikan mas juga dan bumbu khas daerah tapanuli. Perbedaan arsik ini dengan na niura terletak pada proses pembuatannya, setelah ikan dicampur dengan bumbu lain kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan air kemudian ditunggu sampai air mengering dan bumbu meresap baru kemudian bisa disantap.Rasa bumbu khasnya yang meresap membuat kita ingin terus menikmatmasakan ini.

7 Makanan Unik Khas Sumatera Utara, Ada Spageti ala Batak Nih!

3. Kue Ombus-Ombus


Ombus-ombus adalah kue khas dari salah satu kota kecil di Sumatera Utara bernama Siborong-borong, kue ini sering dijumpai saat ada pesta adat sebagai santapan bersama kopi. Kue ini terbuat dari tepung beras dicampur gula merah kemudian dibungkus pakai daun pisang lalu dikukus hingga matang, kue ini begitu nikmat apalagi dimakan saat masih hangat membuat rasa khas kue ini begitu terasa.

7 Makanan Unik Khas Sumatera Utara, Ada Spageti ala Batak Nih!


4. Bika Ambon


Bika Ambon memiliki bentuk yang unik sehingga menambah daya tarik dan penasaran seseorang saat pertama kali melihatnya.Jika kamu belum pernah menyantap makanan yang satu ini sebaiknya saat kamu berkunjung ke Sumatera Utara khususnya kota Medan segera membelinya, makanan yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

7 Makanan Unik Khas Sumatera Utara, Ada Spageti ala Batak Nih!




2. POTENSI WISATA

  • ALAM

       a.  Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan salah satu pulau yang paling populer di Sumatera Utara. Lokasinya yang berada tepat di tengah Danau Toba menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau vulkanik ini, mulai dari bertualang di Goa Marlakkop, menyaksikan pertunjukan tari Sigale-gale, berkeliling Museum Huta Bolon Simanindo, hingga menikmati keunikan Batu Parsidangan.

Hasil gambar untuk pulau samosir"   Hasil gambar untuk pulau samosir"

b. Danau Toba

Sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba menjadi salah satu objek wisata yang tak boleh kamu lewatkan di Sumatera Utara. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari melihat situs sejarah, mengunjungi rumah adat Batak, hingga mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-adong.
  
Hasil gambar untuk danau tobaHasil gambar untuk danau toba   
Hasil gambar untuk danau toba

    

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             c.  Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Bagi pencinta olahraga air, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Sumatera Utara adalah lokasi wisata yang perlu kamu kunjungi. Pasalnya, kedua pantai tersebut telah dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di dunia. Tak jarang, kedua pantai ini digunakan sebagai lokasi kejuaraan surfing tingkat nasional maupun internasional, salah satunya adalah Nias Open.

Hasil gambar untuk pantai sorake        Hasil gambar untuk pantai lagundri"


  • BUATAN
      a.  Menara Pandang Tele
Tidak terletak jauh dari area Danau Toba, Menara Pandang Tele merupakan spot terbaik untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Dari menara ini, seluruh keindahan kawasan Danau Toba akan terpampang dengan jelas.
Destinasi Wisata Sumatera Utara 
      b.  Gedung London Sumatera
Satu lagi bangunan peninggalan zaman Belanda yang masih kokoh berdiri di kota Medan, yaitu Gedung London Sumatera. Mengunjungi objek wisata kota Medan ini, Toppers akan merasa sedang berjalan-jalan di Eropa tempo dulu.
Objek Wisata Kota Medan

       c.  Tjong A Fie Mansion
Tujuan Wisata Medan
Untuk yang masih tertarik menjelajah bangunan-bangunan artistik di Medan, Toppers dapat mengunjungi Tjong A Fie Mansion. Museum yang awalnya merupakan kediaman saudagar kaya raya pada zaman kolonial ini merupakan objek wisata kota Medan dimana kamu bisa melihat perpaduan arsitektur Cina kuno, Melayu, dan Eropa.                                                                             (https://www.tokopedia.com/blog/travel-destinasi-wisata-kota-medan-terbaik/)

3. BUDAYA

      a.   Lompat Batu

Lompat batu atau hombo batu berasal dari Desa Bawo Mataluo Nias, Kabupaten Nias Selatan. Desa ini kaya dengan situs megalitik atau batu besar berukir, dan di dalamnya terdapat Omo Hada yaitu perumahan tradisional khas Nias. Tradisi ini merupakan ritual khusus buat para pemuda suku Nias.

tradisi © 2017 brilio.net
      b.  Tradisi Kenduri Laut

 Tradisi ini berasal dari Tapanuli Tengah. Kenduri Laut dilaksanakan setahun sekali, pada bulan Oktober. Biasanya, tradisi ini berlangsung di pantai pada malam hari dan berlanjut ke siang hari. Upacara seremonial ini melibatkan semua elemen dari 11 kecamatan yang ada di Tapanuli Tengah.

tradisi © 2017 brilio.net


       c.  Mangokkal Holi

Namun, inti dan tujuan dari tradisi ini sama, untuk mempertahankan silsilah garis keturunan marga, dan juga menunjukkan eksistensi dan taraf hidup keluarga yang melaksanakannya. Selain itu mereka percaya, dengan menempatkan leluhur di tugu adalah bukti bahwa para penerus dari leluhur tidak pernah lupa dengan nenek moyangnya.

Hasil gambar untuk mangokal holi
                                                                                                                       
  (https://www.brilio.net/jalan-jalan/4-tradisi-unik-ini-hanya-bisa-kamu-temukan-di-sumatera-utara--170103b.html)                                                                                                                                                              

4. SOMETHING TO DO 

      1. Cara Kesana     

           banyak maskapai yang melayani rute Jakarta-Medan, seperti Citilink. Maskapai ini membuka harga tiket mulai Rp 646.800 dengan keberangkatan pukul 05.50 WIB. Selain Citilink, masih ada Sriwijaya. Tiket pesawat ini dibandrol mulai harga Rp 675.700. Sriwijaya memulai penerbangan menuju Medan pada pukul 06.05 WIB.                    

         2.  ataksi wisata        

anda bisa mengunjungi berbagai wisata indah yang ada di pulau sumatera utara salah satunya   Kawah Putih Dolok Tinggi Raja
              
                               Kawah Putih Dolok Tinggi Raja                                  



 kawah ini di dominasi dengan warna putih seperti salju dan di tengah kawah terdapat air panas berwarna biru kehijauan yang mengeluarkan asap dari dalamnya. Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada disekitar yang ada di daerah tersebut.  Aliran air panas yang mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sehingga sebagian orang menyebut kawah ini dengan Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Namun sayangnya, tempat wisata ini belum tereksplorasi dengan baik. 

       Perjalanan ke lokasi wisata ini dapat menggunakan kenderaan sepeda motor atau mobil dengan kelengkapan Off Road, 4WD (gerdang dua), karena kondisi jalan terjal dan berlubang penuh batu kerikil, selama perjalanan anda disuguhi pemandangan alam yang masih asri dan jalan yang berkelok kelok.    
     Sebaiknya datang ke Kawah Putih sebelum tengah hari, ketika hari makin siang genangan air akan semakin panas karena terik matahari, dan bawa persediaan makanan dan minuman, di lokasi Kawah Putih anda tidak akan menemukan rumah makan hanya warung warung kecil dengan tenda biru, dan disana anda akan mudah mengalami dehidrasi karena uap panas dari bumi dan terik matahari.


Lokasi : Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21157
Jam buka : senin-minggu 09.00-17.00


5.  SOMETHGING TO SEE

Kamu sudah pernah mendengar tempat wisata Danau Lau Kawar? Jika belum, saya akan memberikan sekilas informasi tentang danau yang berada di kaki Gunung Sinabung ini.
Danau Lau Kawar ini berada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Untuk menuju lokasi ini kamu bisa berangkat dari kota Medan dengan waktu tempuh selama 3 jam menuju kota Berastagi.
Selama perjalanan menuju danau ini, kamu akan disuguhi pemandangan indah alam Gunung Sinabung dan juga hamparan kebun sayur milik masyarakat sekitar yang berada di sekitar kaki gunung.
Jalan menuju ke danau ini juga cukup mulus karena sebagian besar sudah beraspal. Jalan tanah hanya akan dimulai kamu temui pada saat sudah mendekati danau namun jalan tersebut masih bisa dilewati oleh sepeda motor atau mobil.
Tiba di danau ini kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar karena danau ini terletak persis di kaki Gunung Sinabung. Air danau ini juga bersih dan tampak tenang dan di kelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun yang akan memanjakan mata serta membuat kita betah untuk berlama-lama disana.
Danau Lau Kawar

6.  SOMETHING TO BUY


Berkunjung ke suatu lokasi tidak akan lepas dari buah tangan, baik itu berupa makanan, minuman, tanaman, aksesoris ataupun hiasan. Tentu masing-masing orang mengharapkan buah tangan yang enak, bagus, khas, menarik dan pas di kantong.

  • Bolu Meranti

Tidak diragukan lagi, bolu ini menjadi andalan Kota Medan saat ini. Bolu Meranti menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak diminati. Tak usah diragukan soal rasa sudah pasti mantap. Banyak varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera seperti coklat, keju, mocca, cappucino, kacang, nenas, blueberry dan ada juga perpaduan dari 3 rasa. Tekstur bolu sangat lembut dan isi dari bolu sangat padat sekali. Range harga Rp.50.000-Rp.100.000 untuk lebih detail kamu bisa cek di bolumeranti.co.id . Jangan heran kalau selalu antrian panjang di toko meranti. Toko bolu meranti hanya ada 2 dan belum buka cabang lagi, tapi kadang ada yang jual di kios-kios termasuk di bandara kualanamu dengan harga yang sudah di markup.
Lokasi

Pusat
Jl. Kruing No. 2K Medan
Sumatra Utara, Indonesia
PHONE : +6261 453 8217
Jam Operasional : 07.00-20.00 WIB (Setiap Hari)
Bolu Meranti Medan

  • Ganda Siantar dan Selai Srikaya

Ganda Siantar sudah terkenal bahkan sejak aku anak-anak. Kue ini mirip roti tawar yang dilapis coklat, tapi ntah mengapa Ganda Siantar memiliki rasa yang berbeda dengan andalan selai srikaya dan cream ditabur coklat. Cocok sekali untuk oleh-oleh, harga ganda siantar cukup terjangkau sekitar Rp.3.000-Rp.25.000 dari ukuran terkecil sampai paling besar. Jangan heran kalau kamu juga akan antri panjang disini apalagi kalau high season. Selai Srikaya Ganda Siantar sudah sangat terkenal karena rasanya yang beda dari yang lain, manis tapi tidak buat cepat bosan. Harga selai sekitar Rp.21.000-Rp.25.000 per 1/2 kg.
Lokasi
Jl. Sutomo, No. 89,
Pematang Siantar, Sumatra Utara, Indonesia
Jam Operasional : 09.00-21.00 WIB (Setiap Hari)
Ganda Siantar

  • Ulos Batak

Ulos adalah salah satu kain tenun tradisional orang Batak. Dulunya digunakan sebagai bahan pakaian. Dan sampai saat ini tetap masih dilestarikan dan digunakan khususnya untuk acara adat. Tak heran jika ulos masih selalu dicari banyak orang. Banyak jenis dan beragam kegunaannya termasuk di adat Batak. Ulos bisa kamu temukan di daerah pariwisata yang ada toko souvenirnya. Harga pun bervariasi
Ulos Batak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar